Monday, September 28, 2015

MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN DIET SEHAT

tips diet sehatMENURUNKAN BERAT BADAN - Banyak orang yang ingin mengurangi berat badannya, berbagai cara dilakukan termasuk mengkonsumsi obat-obatan yang sering kali berbahaya bagi kesehatan atau dengan diet berlebihan. 


Padahal banyak cara untuk menurunkan berat badan termasuk dengan melakukan diet sehat. Walaupun mungkin tidak secepat mengkonsumsi obat, tapi cara ini terbukti memberikan hasil dan sehat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Banyak orang yang masih keliru mengartikan diet sehat. Sehingga bukan badan yang langsing yang didapatkan, namun justru penyakit yang datang. Berikut ini beberapa tips diet sehat yang baik dan benar untuk membantu menurunkan berat badan dengan alami dan tentu saja sehat untuk tubuh anda. Berikut beberapa tips menurunkan berat badan secara sehat dan alami.

1. MENURUNKAN BERAT BADAN BUKAN BERARTI TIDAK SARAPAN

Menurunkan berat badan bukan berarti mengurangi sarapan. Sarapan sangat penting sebagai sumber energi utama. Jika Anda melewatkan sarapan, maka dapat memicu untuk makan lebih banyak dan ngemil sembarangan. Namun karena sedang diet, jadi hindari makanan berlemak tinggi. Mulai sarapan dengan setangkup roti gandum panggang isi dadar 1 butir telur, ditambah 1 mangkuk salad. Atau bisa menggunakan menu alternatif lain seperti 100 gram nasi dengan 1 potong ikan ditambah 1 mangkuk sayur.

Sarapan PagiPercepat waktu sarapan pagi.Jika biasanya Anda sarapan pagi jam 09.00, sebaiknya mulai sekarang majukan sarapan Anda pukul 07.00 agar proses pembakaran energi dimulai lebih cepat.

Makan SiangSaat makan siang, Anda bisa mencoba salad yang tetap membuat Anda tetap terhidrasi. Sayuran yang mengandung serat dapat memperlancar sistem pencernaan dan membuang racun-racun lewat kotoran.

Makan MalamTubuh tetap membutuhkan protein saat tidur untuk memaksimalkan pertumbuhan. Hal penting yang harus Anda kurangi adalah menu makanan berkarbohidrat. Anda bisa memasaknya sendiri seperti dada ayam tanpa kulit yang dipanggang, merebus kentang, masak nasi merah dan tumis sayuran.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat tinggi untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner. Konsumsilah minimal 5 porsi buah dan sayur sehari dan variasikan jenisnya setiap hari.


MENURUNKAN BERAT BADAN TETAP MEMPERHATIKAN NUTRISI TUBUH

Meskipun sedang diet, namun Anda tetap membutuhkan lemak dan karbohidrat. Namun lemak yang dipilih adalah lemak baik yang bisa Anda dapatkan dari alpukat, salmon, minyak zaitun dan lainnya untuk membantu transportasi nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

Sedangkan untuk karbohidrat, Anda bisa mendapatkannya dari dari makanan ber-GI (Glikemik Indeks) rendah seperti ubi, oatmeal, gandum dan lainnya sebagai sumber energi saat beraktivitas.

PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Minumlah air putih minimal 8-10 gelas setiap hari yang dapat melancarkan metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN BEROLAH RAGA

Diet dapat memberikan hasil yang maksimal jika Anda mengkombinasikan dengan olahraga selama 60-90 menit, 3-4 kali seminggu. Anda bisa melakukan jogging, jalan kaki, bersepeda untuk membakar lemak tubuh. 

Ternyata MENURUNKAN BERAT BADAN sangat Mudah bukan? Sebaiknya segera coba program diet sehat mulai dari sekarang dan pasang target yang masuk akal. Lebih baik perlahan tetapi tetap sehat.

No comments:

Post a Comment